Teknik Pembiakan/Perbanyakan Tanaman

pembiakan tanaman dengan cara sambung pucuk
cara pembiakan/perbanyakan tanaman yang sering dilakukan pelaku pembibitan-Perbanyakan tanaman yang biasa dilakukan ada banyak cara. perbanyakan tanaman secara generatif, dan perbanyakan tanaman secara vegetatif. Dua cara ini memiliki teknik yang berbeda-beda. pengertian perbanyakan tanaman yaitu menciptakan atau membuat tanaman baru baik secara generatif maupun vegetatif. Sering kita singgung diatas perbanyakan tanaman terdiri dari 2 macam cara perbanyakan tanaman yaitu pembiakan generatif dan pembiakan vegetatif. Pembiakan tanaman secara generatif yaitu pembiakan tanaman menggunakan biji tanaman. Pembiakan ini biasanya digukan untuk tanaman monokotil. sedangkan embiakan tanaman secara vegetatif yanti pembikan tanaman mengunakan bagian-dati tanaman itu sendiri, seperti akar, batang, cabang, ranting, dan daun. adabanyak buku pembiakan tanaman yang bisa digunakan reverensi untuk kalian semua. Dari berbagai pembiakan tanaman mari kita bahas sebuh lanjut.

1. pembiakan tanaman secara vegetatif

Perbanyakan tanaman secara vegetatif yatiu satu metode reproduksi pada tanaman tanpa melalui meiosis atau persilangan sehingga menghasilkan keturunan yang merupakan klon dari nduknya. Atau bisa juga penggabungan dua tanaman yang berlainan sehingga tumbuh menjadi tanaman baru baik menggunakan akar, cabang, batang, ranting, dan daun. Pembiakan vegetatif atau disebut juga perbanyakan vegetatif sering digunakan oleh para penangkar bibit, baik bibit tanaman buah maupun tanaman perkebunan. ada beberapa teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif diantaranya:

1.  Okulasi

Pembiakan dengan cara ini yaitu penggabungan dua tanaman antara siling/batang bawah dengan enteres/batang atas dengan cara enteres ditempel pada batang bawah

2. Stek (akar, batang dan daun)

pembiakan ini yaitu dengan cara memisahkan bagian tanaman seperti batang, akar dan daun langsung diletakan pada media 

3. Mencangkok.

pencangkokan ini yaitu kegiatan pembiakan tanaman dengan cara memisahkan cabang tanaman dengan cara menyayat, dan hasil hasil sayatan dibungkus dengan media bertujuan untuk memunculkan akar kemudian di potong untuk dijadikan individu baru.

4. Sambung 

ada tiga cara penyambungan yaitu sambung pucuk, yaitu penyambungan dengan antara pucuk batang bawah dan batang atas yangdisesuaikan ukurannya. kedua yaitu sambung susu, sambung susu yautu penyambunga dua tanaman dengan cara batang atasnya dibelah dan tidak dipisahkan dengan induknya. sedangkan yang ketiga yaitu sisipan. sisipan adalah penyambungan tanaman yang tidak sesuai antara batang atas dan batang bawah. biasanya batang bawah lebih besar dan batang atas disisipkan disamping atau hanya di kulit batang bawah.

5. merunduk

kegiatan perbanyakan ini persis dengan mencangkok, hanya bedanya untuk merunduk ini medianya di bawah dengan cara menimbung sayatan yang dibut pada batang induk. cara ini hanyabisa dilakukan pada tanaman yang memiliki cabang yang panjang dan lentur.

6. Melalui kultur jaringan

kultur jaringan merupakan teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dengan memani pulasi jaringan melalui penumbuh kembangkan bagian tanaman, baik berupa sel, jaringan atau organ dalam kondisi aseptik secara in vitro. Teknik kultur jaringan dicirikan dengan kondisi yang aseptik atau steril dari segala macam bentuk kontaminan, menggunakan media kultur yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan menggunakan ZPT (zat pengatur tumbuh), serta kondisi ruang tempat pelaksanaan kultur jaringan diatur suhu dan pencahayaannya.

Kekurangan Dan Kelebihan Pembiakan Vegetatif

dari semua kegiatan perbanyakan tanaman yang telah saya sebutkan ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. keuntungan dan kerugian perbanyakan tanaman secara vegetatif adalah sebagai berikkut:

kelebihan pembiakan vegetatif

  1. cepat dalam pengembangan bibit (khusus okulasi)
  2. memiliki sifar yang sama dengan induknya
  3. cepat berbuah
  4. tahan terhadap penyakit
  5. dapat dilakukan kapan saja

sedangkan kelemahan dari pembiakan secara generatif adalah

  1. tanaman mudah rebah
  2. sedikit keturunan (tidak dengan okulasi)
  3. induk tanaman terganggu


2. Perbanyakan Tanaman Secara Generatif

pembiakan tanaman secara generatif adalah penciptakan individu perbanyakan tanaman menggunakan biji atau embrio yang didapat dari pertemuan gamet jantan dan gamet betina melalui proses penyerbukan atau pembuahan pada tanaman berbunga. pada umumnya pembiakan generatif ini dilakukan pada tanaman monokotil. tanaman monokotil yaitu tanaman yang memiliki keping buji tunggal. contoh pembiakan tanaman secara generatif ini seperti kelapa, palem, melinjo, jagung, padi, sorgum. akan tetapi ada juga tanaman dikotil yang menggunakan perbanyakan secara generatif ini. ada banyak kegiatan yang harus dilakukan ketika akan melakukan perbanyakan dengan cara generatif ini, yaitu

1. Persiapan Benih

kegiatan persiapan benih benih diantaranya adalah, pemilihan batang induk, pengambilah buah yang akan dijadiakan benih, pembersihan daging buah, pengeringan biji, shortasi benih, geding, dan dilanjutkan dengan penyimpanan.

2. Persiapan Media Persemaian

media semai setiap benih ini berbeda-beda setiap jenis benihnya. yang membedakan media semai ini dilihat dari ukuran benih yang akan disemai. benih ukuran kecil biasanya disebar dalam namapan dan juga di sebar di atas bedengan di lahan terbuka. jika benih itu besar biasanya susun dengan jarak tertentu. dengan persiapan media semai sekam : tanah : kompos 1:1:1. 

3. Persiapan Media Penyapihan

meia kedua ini biasanya dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan mibit adar memili ruang yang cukup untuk berkembang, dengan penyapihan ini maka bibit akan tumbuh lebih cepat. akan tetapi pertumbuhan bibit ini juga tenrgantung dengan perawatan. penyapihan inii biasanya ada yang ditanam dilahan terbuka dan ada juga yang langsung ditanam di polybag

4. Perawatan Bibit

kegiatan perawatan ini meiliputi, pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit, penyiraman dan pemupukan. untuk perawatan bibit ini harus memperhatikan keseimbangan, teknik, bahan, metode yang digunakan.

5. Pemanenan Bibit.

pemanenan bibit ini memilipiti kegiatan pengambilan bibit. akan tetapi dalam pengambilan bibit ini tidak bisa serentak pada umumnya, harus melalui tahap sortasi. sortasi yang dilakukan yaitu untuk mendapatkan bibit yang berkualitas bagus, dan pertumbuhannya yang seragam.

akantetapi kegiatan ini juga dilakukan pada pembiakan tanaman secara vegetatif, yaitu untuk menyiapkan siling/batang bawah khsusny pada pembiakan tanaman dengan cara okulasi, sambung dan susu

untuk para gurusilahkan ambil yang sekiranya perlu dan jangan dan berikan masukan untuk web kami jika ada kekurang guna memperbaiki pelayanan kami untuk para murit dan pendidik seluruh indonesi. 

laporan praktikum perbanyakan tanaman secara vegetatif, buku perbanyakan generatif dan vegetatif, e-book perbanyakan generatif dan fegetatif, perbanyakan tanaman secara vegetatif pdf, perbanyakan tanaman generatif pdf, perbanyakan tanaman secara vegetatif PPT, perbanyakan tanaman generatif PPT,

No comments for "Teknik Pembiakan/Perbanyakan Tanaman "