Gamar Teknik Otomotif

Gamar Teknik Untuk Pemula
Gambar teknik atau didalam dunia pendidikan disebut gambar teknik otomotif jika dilihat dari harfiah gambar teknik terdiri dari kata "GAMBAR" dan "TEKNIK". Gambar sendiri merupakan alat komunikasi virtual sedangkan teknik yaitu cara atau sistem. Gambar teknik adalah sustu gambar yang terdiri dari garis, simbol, angka, dan huruf yang bersifat tegas yang memiliki aturan-aturan baku yang harus ditaati. Standar dalam pembuatan gambar teknik ini ada dua yang biasa digunakan yaitu JIS (Japanese Industrial Standard) dan ISO (Organisation for Standardization). Gambar tekni ini biasanya digunakan untuk gambar Mesin, gambar sepeda moto, Gambar Mobil, gambar rumah minimalis, desain rumah. 

Untuk menggambar Gambar teknik kita harus mengetahui dasar-dasar yang harus diketahu yaitu:

  1. Peralatan gambar tekni
  2. Jenis-jenis garis pada gambar teknik
  3. Huruf, angka dan etiket atau kelapa gambar
  4. Kontruksi geometri
  5. Cara menggambar 3 dimensi sesuai aturan proyeksi piktorial
  6. Menggambar 3 dimensi denga proyeksi orthogonal
  7. Cara membuat gambar potongan
  8. Cara pemberian ukuran pada gambar
  9. Caramenggunakan metode pemberian ukuran

Mari kita bahas satu persatu unuk mengetahui secara garis besar 9 pembahasan tersebut.

1. peralatan gambar teknik

Peralatan yang baik dan memenuhi syarta teknik-teknik menggambar untuk membuat gambar yang baik dan dapat dipahami dengan mudah, diperlukan adanya berbagai macam alat gambar yaitu pensi, buku gambar, penghapus, mal, penggaris, dan alai lainya yang dapat menunjang gambar. a;at ang digunakan untuk menggambar teknik ini memiliki alat khusus.

2. jenis-jenis garis pada gambar teknik

Setiap garis memiliki ukuranyang disesuaikan dengan fungsinya. garis yang biasa digunakan yaitu: 
  • Garis sumbu
  • Garis setrip-setrip
  • Garis putus-putus
Hal yang perlu diperhatikan saat mempelajari jenis garis adalah ketebalan masing-masing garis. kita wajib mampu membedakan ketebalan garis satu dengan yang lainnya.hamu harus mempelajari jenis-jenis garis pada gambar teknik secara mendalam untuk dapat membuat gambar teknik dengan benar.

3. Huruf, Angka dan Etiket Gambar atau Kepala Gambar

Pembatan gambar tidak terlepas dari keterang-keterangan gambar untuk mendukung pengguna gambar. Keterangan gamar tersebut ditulis dengan menggunakan huruf dan angka. Huruf dan angka pada gambar teknik ditulis berdasarkan aturan-aturan tertentu. seperti padaa contoh dibawah.

Huruf dan angka tersebut merupakan huruf dan angka vertikal. Selain huruf dan angka vertikal, ada juga jenis huruf yang digunakan dalam gambar tekni yaitu huruf dan angka miring. 

sedangkan etiket gambar sendiri berisi tentang keterangan atau identitas gambar, Seperti:
  • Nama pembuat gambar
  • Tanggal pembuatan gambar
  • Judul gambar
  • Skala gambar
  • Ukuran gambar, dll
Seorang pembuat gambar harus mengetahui standar huruf dan angka yang digunakan pada gambar yang telah dibuat. 

4. Kontruksi geometri

Pada dasarnya kontruksi geometri membahas cara membuat gambar suatu pobjek sederhana yang mungkin telah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari: untuk membuat gambar sesui dengan kontuksi geometri ini memiliki kaidah-kaidah tersendiriseperti:
  • Langkah membagi garis menjadi dua
  • Membuat garis tegak lurus
  • Membagi garis menjadi bagian yang sama
  • Membuat sudut istimewa dengan jangka
  • Membuat lingkaran
Keterampilan dasar tersebut harus kamu miliki sebelum membuat gambar kerja.

5. Cara menggambar 3 dimensi sesuai aturan proyeksi piktorial

Pada umumnya, gambar teknik digunakan sebagai gambar kerja atau paduan untuk membuat suatu benda tiga dimensi, gambar baut dinakan untuk membuat baut dengan ukuran-ukuran yang telah ditentukan. Akan tetapi gambara teknik hanya dapat menyajikan gambardalam dua dimensi. Uuntuk itu diperlukan teknik menggambar yang tepat untuk menyajikan benda tiga dimensi pada gambar dua dimensi. Teknik menggambar ini lah yang disebutdinamakan proyeksi. disini kita akan mempelajari berbagai jenis proyeksi. lilahkan baca dengan lemkap di artikel Menggambar 3 dimensi denga proyeksi pikorial

6. Menggambar 3 dimensi denga proyeksi orthogonal

Dalam gambar teknik proyeksi piktoral tidak banyak digunakan sebagai gambar kerja utama. Gambar-gambar kerja yang banyak digunakan dalam industri sebagian besar menggunakan gambar orthogonal. Gambar ortogonal merupkan gambar yang dihasilkan dari proyeksi orthogonal. 

Gambar kerja yang dibuat menggunakan proyeksi ortogonal hanya tampak berupa bidang-bidang saja. Jika didibandingkan dengan proyeksi piktoral maka proyeksi othogonal akan lebih susah untuk dipahami, karena bentuk asli benda tidak tampak. 

7. Cara membuat gambar potongan

Gambar potongan sangat sering digunakan dalam bidang teknik, hal ini karena dalam bidang teknik banyak sekali benda-benda/kontruksi tiga dimensi yang membutuhkan kejelasan pandangan. contoh sederhananya dapat di temukan pada sebuah gambar pipa besi. 

Selain pipa berongga, masih banyak contoh benda lain yang memerlukan penjelasan labih lanjut yang menggunakan gambar potongan.

8. Cara pemberian ukuran pada gambar

 Salah satu perbedaan dari gambar biasa dengan yaitu terletak pada pemberian ukuran ini. Sebuah gambar teknik akan dilengkapi dengan sebuah ukuran karena hal ini lah yang menjadi pembeda dari gambar biasa. Hal ini penting karena penunjukan ukuran juga mempunyai kaidah-kaidah tersendiri sehingga harus dipelajari secara benar. Dalam pemberian ukuran gambar ini kita terlebih dahulu penentuan pandangan utama, karena penujukan ukuran biasanya selalu dilakukan pada pandangan utama.

9. Cara menggunakan metode pemberian ukuran

Penempatan dan penyusunan ukuran dalam gambar kerja sebaiknya menggunakan satu macam metode agar tidak terjadi kesalahanpahaman saat dibaca oleh pembuat objek. Namun dalam pemberian ukuran gambar ada beberapa metode dimana setiap metode memiliki fungsi tersendiri yang harus diketahui. Metode pemberian ukuran ini antara lain adalah:
  • Ukuran berantai dan sejajar
  • Ukran kombinasi dan berhimpit
  • Ukuran koordinat
  • Ukuran khusus
Sekian pembahasan gambar teknik otomotis semoga dapat bermanfaat untuk guru dan siswa yang telah Membaca. Terima kasih.

No comments for "Gamar Teknik Otomotif "