Peralatan Gambar Teknik dan Fungsinya

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menggambar teknik adalah sebagaii berikut, diantaranya
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang alat gambar teknik lengkap tanpa terpotong agar lebuh jelas dan gamblang. Baca sampai habis ya biar makin tau.

Sebelum kita mengambar, agar mendapat gambar sesuai rencana yang kita inginkan maka kita harus mengetahui semua peralatan menggambar yang baik. dengan alat-alat yang baik dan ditunjang oleh keterampilan penggunaan alat-alat, maka memperoleh gambar yang sesuai kita inginkan. 

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menggambar teknik adalah sebagaii berikut, diantaranya adalah:

A. kertas gambar

Kertas gambar adalah perlengkapan gambar yang terbuat dari bahan kertas dan berfungsi sebagai tempat menggambar. kertas yang sering atau biasa digunakan untuk gambar teknik adalah kertas puti jenis kalkir dan padalarang/manila. kertas padalarang/kertas manila adalah jenis kertas yang tidak tembus cahaya, agak tebal, kertas ini lbiasanya dibunakan untuk penggambaran menggunakan pensil terkadang juga menggunakan tinta. Sedangkan kertas kalkir merupakan kertas yang tembus cahaya. Kertas ini biasanya untuk menggambar dengan tinta yang merupakan proses lanjutan dari penggambaran menggunakan pensil. 

1. Ukuran Kertas Gambar

Ukuran kertas gambar ditunjukan pada tabel. Setiap kita akan menggambar maka wajib diberikan garis tepi atas, tepi bawah, tepi kanan biasanya (diberi lambang c pada tabel, tepi kiri memiliki ukuran 20 mm, hal ini berfungsi untuk memberi ruang pembendelan.

2. Cara Melipat Kertas

Jika kertas gambar akan dibundel, maka  kertas gambar yang berukuran besar perlu dilipat (kecuali gambar asli maka tidak boleh dilipat)agar gambar dapat diketahui dengan mudah identitasnya, maka kepala atau etiket gambar harus ditempatkan pada lipatan pa,ing atas sehingga saat bundel dibuka akan segera terlihat. berikut contoh melipat kertas gambar yang baik. 




B. Pensil Gamabar Teknik

Pensil yang dibunakan pada gambar teknik terdiri dari dua jenis yaitu pensil biasa yang terbuat dari kayu dan pelsil mekanik yang dapat diisi ulang. Tingkat kekerasan pensil juga berfariasi mulai dari yang lunak sampai ke yang paling keras. Berikut kode kekrasan pensil yang biasa digunakan untuk menggambar teknik. 
keterangan:
H    = hard
B    = black
HB = hard black
F    =firm
Angka didepan huruf H menunjukan tingkat kekerasannya. semakin besar angkanya semakin keras. Sedangkan Angka didepan huruf H menunjukan tingkat kelunaannya. semakin besar angkanya semakin lunak.

C. Mistar atau Penggaris

Mistar pada gambar tekni yaitu digunakan untuk membuat garis pada gambar. Mistar atau penggaris yang biasa digunakan pada pekerjaan gambar teknik adalah mistar segi tiga dan mistar T.

1. Penggaris Segi Tiga

Fungsi penggaris segitiga yaitu untuk membuat garis gambar. pada sisi siku-siku penggaris segitiga diberi garis-garis skala ukur. Namun untuk menghasilkan pengukuran yang baik, kita sebaiknya menggunakan mistar ukur atau mistar skala.

a. Cara Menggunakan Penggaris Segitiga

Sebelum menggunakan penggaris segitiga untuk menggambar, sebaiknya kamu peragakan dahulu langkah-langkah menggunakannya berikut ini.
  • Letakan penggaris segitiga sama kaki mendatar dengan posisi 1.
  • Letakan penggaris segitiga siku-siku rapat pada sisi bawah segitiga sama kaki dan peganglah dengan erat penggaris siku-siku tersebut.
  • Untuk membuat garis-garis sejajar sumbu X, grserlah penggaris segitiga sama kaki ke atas atau kebawah sesuai dengan kebutuhan.

b. Memelihara Penggaris Segitiga

Hal-hal yang harus diperhatikan dalampemeliharaan penggaris segitiga diantaranya seperti.
  • Sebelum dan sesudah dipakai hendaknya penggaris dibersihkan atau dilap sehingga pada saat digunakan tidak mengotori kertas gambar.
  • Penggunaan yang kurang sesuai, sepert untuk memotong kertas, memukul membuat penggaris menadi cacat sehingga ketika digunakan untuk menggaris hasil garisnya tidak sempurna.
  • Hindari dan jaga agar tidak jatuh, karena mistar terbuat dari mika atau plasti. sehingga apabila terkena benturan akan mudah berubah bentuk.

b. Mistar T (Taken Haak)

Mistar T Mempunyai dua bagian , yaitu daun mistar dan kepala mistar. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.
Fungsi dari miatar T ini yaitu digunakan untuk membuat garis horizontal.dengan bantuan sepasang penggaris segitiga mistar Tdapat digunakan untuk mebuat garis vertikal serta membuat sudut-sudut istimewa (30, 45, 60 dan 90 derajat).

Cara Menggunakan Mistar T

ketika menggunakan mistar T, bagian kepala mistar harus dirapatkan pada sisi meja gambar dan daun mistar dipegang dirapatkan pada sisi meja gambar dan daun mistar dipegang dengan tangan kiri untuk digeser-geser ke atas dan ke bawah. Setelah digunakan sebaiknya mistar T digantungkan pada paku agar tidak bengkok.

D. Mal

Mal merupakan alat gambar teknik yang digunakan untuk menjiplak garis lengkung. Mal yang bisa digunakan untukn menggambar teknik adalah:
a. Mal huruf dan angka
b. Mal busur
c. Mal elips dan mal lingkaran
d. Mal bentuk lain


E. Penghapus


penghapus merupakan alat yang digunakan untuk membuang garis gambar yang salah. jenis penghapus pensil ada dua macam yaitu penghapus dari kertas dan penghapus dari plastik. Untuk menghapus tinta rapido, kita memerlukan penghapus khusus tinta. Namun untuk untuk embuang garis diatas kertas kalkir kita dapat juga mengerik dengan silet atau cutter yang tajam


F. Pena Gambar

Pena gambar adalah alat gambar yang cirinya datinta dibagian dalamnya. jika akan membuat gambar asli yaitu gambar yang ditinta, maka kita menggunakan pena gambar. Jenis pena gambar ada dua macam yaitu trekpen dan rapido. 


G. Jangaka

Jaangka adalah alat yang digunakan untuk membuat lingkaran atau busur lingkaran, baik dengan pensil maupun dengan tinta.. biasanya jangka dalam satu kotak. 

Dalam menggabar tekni, ada tiga jenis jangka sesuai kegunaannya, yaitu seperti berikut
  - Jangka biasa
  - Jangka pengukur 
  - angaka orleon dan jangka pegas

dalam menggunakan jangaka hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut: 
  • Kedudukan ujung jangka harus tegak lurus dengan bidang gambar
  • Pensil pada jangka sebaiknya berujung pipih dan tajam
  • Jika menggunakan mata jangka dari trekpen, maka pengisian tinta harus dilepas 

Itulah sahabat guru menjelaskan tentang alat tan fungsi gambar teknik. semoga artikel ini bermanfaat untuk semua yang telah membutuhkan dan membeca artikel ini.

No comments for "Peralatan Gambar Teknik dan Fungsinya"