Pengertian, Fungsi dan Jenis Gambar Teknik

Apasi pengertian dari Gambar teknik. Secara umum Gambar adalah media untuk menyampaikan suatu makna dari seorang juru gambar. Informasi dari gambar itulah yang nantinya akan digunakan oleh teknisi atau pelaksana lapang untuk membuat, mengerjakan atau memperbaiki sesuatu yang telah ada di gambar. Dalam gambar tekni ini dibutuhkan peralatan dan perlengkapan tertentu yang digunakan untuk menggambar.

1. Pengertian Gambar Teknik

Sedangkan Pengertian gambar teknik adalah gambar yang dibuat dengan cara dan aturan yang telah disepakati oleh para ahli teknik. Ketentuan dan aturan yang ada dalam pembuatan gambar teknik berupa normalisasi atau standarisasi yang sudah ditentukan oleh ISO (Internasiolan Organisation For Standarisation). 

ISO itu sendiri merupakan sebuah badan atau lembaga yang bergerak dalam bidang standarisasi. selain itu juga ISO merupakan sebuah badan internasional. Dinegara negara tertentu ada yang memiliki standarisasi nasional yang cukup terkenal sperti DIN (Jerman), NEN (dari Belanda), JIS ( dari Jepang), dan SII (dari Indonesia.

GAmbar tekni mengandung perintah-perintah atau informasi dari pembuat gambar untuk disampaikan kepada pelaksanan atau pekerja di lapangan dalam bentuk gambar kerja yang dilengkapi dengan keterangan keteranga berupa kode-kode atau simbol-simbol yang memiliki suatu arti satu maksud dan satu tujuan.

Gmbar tekni merupakan gambar yang bersifat tegas yang terdiri dari garis, simbol dan tulisan tegak yang memiliki setandarisasi tertentu. Sebuah gambar tekni adalah bentuk goresan yang sangat jelas dari benda nyata, ide atau rencana yang diusulkan untuk pembuatan suatu kontruksi. 

2. Fungai Gambar Teknik

Fungsi dan penggunaan cara menggambar telah banyak sekali mengalami perubahan menuju perkembangan yang mencolok. Awalnya industri , perencana dan pembuat merupakan gambar konsep. oleh karena itu aturan dulu tidak diperlukan. akan tetapi dengan berkembangnya zaman, perancang/perencana dan pembuat bukan lagi orang yang sama, akan tetapi memiliki hubungan, maka fungsi gambar menjadi bertambah yaitu sebagai penyampai informasi sehingga kesepakatan bersama menjadi sangat penting. Kesepakatan tersebut tertulis dalam aturan-aturan gambar. dengan demikian gambar teknik memiliki fungsi sebagai berikut:

1. gambar sebagai penyampai informasi

Artinya gambar tekni tersebut memunyai tugas menyampaikan maksud dari perancang dengan tepat kepada pihak lain. Demikian halnya dalam pembuatan kontruksi bangunan besar, umumnya sertakan gambar untuk menyampaikan pesan kepada pelaksana bangunan di lapangan tentang detail kontruksi bangunan yang harus dikerjakan.

2. gambar segai pengawetan dan penyimpanan

Gambar merupakan data teknis yang tepat. Teknilogi dari suatu perusahaan dipadatkan dan dikumpulkan dalam bentuk gambar. Oleh karean itu, gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk utnuk perbaikan, tetapi juga digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan baru di kemudian hari. 

3. gambar sebagai gagasan dan pengembangan.

Gagasan baru untuk pengembangan pada awalnya masih berupak konsep abstrakyang terlintas dalam pikiran. Konsep abstrak tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk gambar sketsa, kemudian gambar seketsa ditrliti dan di evaluasi secara berulang-ulang sehingga didapatkan gambar baru yang lebih semurna.

3. jenis gambar teknik

ada bermajam-macam jenis gambar teknik yang biasa dibuat. Berdasarkan banyak lelmbarnya maka gambar teknik dikelompokan menjadi 3 jenis, yaitu:

a. gambar satu-satu

gambar tsut-satu adalah jenis gambar dimana suatu benda digambar pada satu lembar kertas gambar,

b. Gambar Kelompok

Jenis Gambar ini adalah benda digambar pada satu lembar kertas gambar. Jenis gambar ini banyak digunakan karena mudah untuk menunjukan kembali hubungan antara gambar yang satu dengan yang lainnya.

c. jenis gambar lembar banyak

Jenis gambar ini benda digambar pada beberap lembar kertas gambar. Jinenis ini digunakan jika benda yang digambar cukup rumit dan tidak memungkinkan gambar dikambar dalam satu lembar kertas.Jenis gambar inibanyak digunakan pada bidang teknik elektro, terutama untuk menggambarkan rangkaian kontrol pada industri besar.

Selain pengelompokan berdasarkan kertas, gambar tekni juga dikelompokan berdasarkan tampilan yaitu dua dimensi (2D) dan toga dimensi(2D).

a. Gambar Dua Dimensi


Gambar dua dimensi merupakan suatu gambar yang menampilkan salah satu bagian permukaan dari suatu gagambar. Agar informasi benda lebih jelas, maka pada gambar dua dimensi ditampilkan tentang pandangan atau tampak atas, bawah, depan, belakang, samping kiri dan samping kanan. fungsi dari gambar dua dimensi itu sendiri merupakan untuk memberikan informasi yang lengkaptentang suatu benda sehingga memudahkan orang yang berkepentingan dalam membaca gambar.

b. Gambar Tiga Dimensi


Gambar tiga dimensi merupakan gambar yang menampilkan benda secara keseluruhan. Pada gambar tiga dimensi juga memiliki ukuran-ukuran umum suatu benda, namun tidak sedetail gambar dua dimensi. Fungsi gambar tiga dimensi ini adalah untuk menampilkan benda atau gambar susunan dari gambar dua dimensi.

sekian artikel tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis Gambar Teknik semoga dapat bermanfaat untuk kalian,

No comments for "Pengertian, Fungsi dan Jenis Gambar Teknik"