SUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013



Dalam dunia pendidikan pastinya sudah familiar dengan yang namanya perangkat pembelajaran. Karena tiap awal semester pasti para pendidik disibukan dengan penyusunan perangkat pembelajaran.
Namun masih banyak guru yang masih bingung atau keliru dalam menyusunnya.
Untuk postingan perdana ini saya akan bagikan mengenai urutan dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Urutan Perangkat Pembelajaran tersebut yaitu :
1.                  Halaman Depan
2.                  Lembar Pengesahan
3.                  Visi dan Misi Sekolah
4.                  Kelender Pendidikan, 
5.                  Silabus
6.                  KKM
7.                  Analisis Minggu Efektif
8.                 Program Tahunan
9.                  Program Semester
10.              Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Berikut merupakan penjabaran tentang susunan perangkat pembelajaran

1.   Halaman Depan

ini merupakan coverdari sebuah perangkat pembelajaran yang telah disusun. disini biasanya mengandung judul, logo sekolah, nama penyusun, satuan pendidikan, dan diahiri dengan tahun pembuatan.

2.  Lembar Pengesahan

lembar pengasahan ini seperti sama halnya lembarpengesahan yang lainya yaitu di ketahui oleh atasan atau yang menverifikasi

3.   Visi dan Misi Sekolah

dibagian ini diisi dengan visi dan misi dari setiap sekolah yang menjadi landasan sekolah tersebut berjalan. isi dari visi dan misi ini  bisa didapat dari staf atau biasanya di temple pada dinding kantor sekolah.

4.   Kelender Pendidikan

Kalender pendidikan yaitu perencanaan kegiatan pembelajaran selama satutahun  ajaran (selama dua semester yaitu semester 1 dan 2) Biasanya mulai dari SD sampai SMA sederajat kurikulim satuan pendidikannya mengacu pada kalender pendidikan. dikalender pendidikan biasanya berisi tentang:
  1. Waktu evektif (hari evektif) belajar
  2. Waktu libur.
  3. Hari peringatan nasional dan
  4. Hari kegiatan disekolah

5.   Silabus

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang juga memuat kerangka konseptual program keahlian dan kompetensi keahlian.

6.   KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

KM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria ketuntasan minimum untuk guru dan siswa. KKM dibuat diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. 
KKM berfungsi sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar dan sebagai acuan siswa untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan belajar mengajar. 

7.   Analisis Minggu Efektif

Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.



Rincian Pekan Efektif (RPE) adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Untuk menyusun RPE yang harus dilihat dan diperhentikan adalah kalender akademik yang sedang berlangsung serta menjadi pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu/pekan efektif.


8.   Program Tahunan

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan oleh guru dan siswa. didalamnya berisi tentang pembagian waktu evektif selama satu tahun

9.   Program Semester

Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar selama 1 semester berdasarkan minggu evektif yang telah ada dalam 1 semester.

10. Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP dikembangkan dari silabus dan bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi.


berikut sekilas tentang informasi susunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 (K3). semoga bermanfaat baki kalian yang sudah membacanya.

No comments for "SUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013"